TPA Juara!

Pada hari Jumat, tanggal 28 Februari 2020, Teladan Prima Agro (TPG) telah melaksanakan sebuah acara bertajuk “Program Transformasi TPA Juara” di Kantor Pusat Jakarta dan Kantor Perwakilan Samarinda (Live Streaming). Dalam acara tersebut disampaikan Visi, Misi dan Nilai- nilai Perusahaan yang telah ditetapkan oleh Manajemen kepada seluruh karyawan.

Sebagai bentuk komitmen Manajemen terhadap realisasi program transformasi perusahaan, berbagai inisiatif yang merupakan bagian dari program transformasi juga dilakukan, antara lain:

1. Pelaksanaan Internalisasi visi, misi, dan nilai-nilai Perusahaan dengan metode sosialisasi, role play, dan evaluasi (pre & post-test).

2. Program Sang Juara Perubahan.

3. Sayembara Desain Logo “TPA Juara”.

Pelaksanaan internalisasi visi, misi, dan nilai-nilai Perusahaan mencakup Kantor Pusat Jakarta, Kantor Perwakilan Samarinda dan Wilayah dengan peserta berjumlah 365 orang yang terbagi ke dalam 16 batch.

Untuk mendapatkan gambaran mengenai pemahaman materi internalisasi, maka para peserta diajak untuk melakukan Pre & Post Test mengenai materi yang disampaikan. Rata-rata terdapat peningkatan 24,9 poin dari nilai sebelumnya (pre-test = 59,2) menjadi 84,1 (nilai post-test). Berdasarkan pencapaian di atas, dapat disimpulkan bahwa pemahaman peserta mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah dilakukannya internalisasi dengan rata-rata progress secara keseluruhan sebesar 42%.

Tolak ukur keberhasilan internalisasi juga dapat terlihat pada hasil post-test peserta, dimana secara rata-rata keseluruhan nilainya sudah mencapai lebih dari 80%. Target berikutnya adalah memastikan seluruh karyawan dapat memahami visi, misi, dan nilai-nilai Perusahaan secara menyeluruh (100%), tentunya dibutuhkan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mewujudkan hal tersebut.

Dalam pelaksanaan internalisasi ini juga, setiap peserta diminta untuk menuliskan contoh kegiatan/aktifitas kerja yang mencerminkan 7 nilai-nilai Perusahaan (Integritas, Humanis, Harmonis, Profesional, Unggul, Inovatif, Proaktif). Kecenderungan pemahaman karyawan terhadap penerapan Nilai-nilai Perusahaan di lingkungan kerja yang paling mudah adalah pada nilai Harmonis, Integritas dan Humanis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta internalisasi yang menuliskan contoh aktifitas kerja terkait dengan nilai Harmonis (200 peserta), Integritas (179) dan Humanis (124).

Pelaksanaan internalisasi ini sangat dinilai positif oleh setiap peserta, hal ini dapat dilihat dari hasil survei yang telah dilakukan. Rata-rata nilai Survey dari kegiatan ini adalah 3,45 dari skala 4, atau pencapaiannya 86% dalam skala persentase.

Sebagai bagian dari Program Transformasi TPA Juara, juga ditetapkan sebuah inisiatif internal perusahaan untuk mendukung keberhasilan implementasi rangkaian program ini, yaitu “Sang Juara Perubahan” yang memiliki tugas membantu mempromosikan agenda perubahan, mendukung partisipasi aktif seluruh karyawan di Teladan Prima Agro, hingga turut memastikan nilai-nilai perusahaan diterapkan ke dalam perilaku kerja sehari- hari. Jumlah karyawan yang telah mendaftar sebagai Sang Juara Perubahan adalah sebanyak 55 kandidat. Kandidat ini nantinya akan diseleksi untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Sang Juara Perubahan.

Selain itu, untuk menarik atensi karyawan agar dapat berpartisipasi aktif dalam Program Transformasi TPA Juara, dilakukan juga sayembara desain logo “TPA Juara”. Desain logo yang terpilih nantinya akan dijadikan “branding” untuk kampanye Program Transformasi TPA Juara di seluruh lingkungan kerja Teladan Prima Agro. Jumlah karyawan yang berpartisipasi dalam sayembara ini sebanyak 23 orang.

(Oleh: Tim Internalisasi Visi Misi)

Berita Terakhir

Articles
Sertifikasi ISPO PT Multi Jayantara Abadi

21 Desember 2021 – Jakarta: PT Multi Jayantara Abadi (MJA) yang merupakan salah satu entitas anak usaha dari PT…

Lihat selengkapnya
Articles
GUBERNUR DAN BUPATI BERAU BICARA DI COP26…

13 November 2021 – Indonesia (RI) menjadi salah satu narasumber di Conference of Parties (COP) United Nation Climate Change…

Lihat selengkapnya
Articles
Moving Forward, Bersama Teladan Prima Agro!

08 April 2021 – PT Teladan Prima Agro (TPA) menyelenggarakan konferensi interlan yang diikuti oleh seluruh manajemen, karyawan, dan…

Lihat selengkapnya