Laporan Keuangan Teladan Prima Agro (TLDN) 2021 Mencatat Kenaikan Laba Sebesar 129% Menjadi Rp 531,2 Miliar

21 April 2022 – Setelah resmi tercatat sebagai perusahan terbuka di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 12 April 2022, PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) merilis laporan keuangan audit untuk periode yang berakhir tanggal 31 Desember 2021. Perseroan membukukan kenaikan laba bersih sebesar 129% menjadi Rp 531,2 miliar, dengan capaian EBITDA yang meningkat sebesar 43% menjadi Rp 1,3 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain terjadinya peningkatan harga komoditas crude palm oil (CPO), selama tahun 2021 Perseroan mampu menjaga biaya produksi melalui berbagai inisiatif yang berfokus kepada efisiensi biaya serta mendukung kelancaran produksi. Meningkatnya kinerja keuangan tidak terlepas dari produktivitas tanaman Perseroan yang berada pada usia produktif, yakni rata-rata di umur 12 tahun.

“Teladan Prima Agro secara konsisten mampu menjaga kinerja keuangan Perseroan, yang tercermin dalam capaian laba operasi dan laba bersih yang meningkat dibandingkan tahun 2020. Capaian ini merupakan buah dari keberhasilan kami dalam menjaga dan memastikan kinerja serta produktivitas yang prima, terutama selama masa pandemi Covid-19. Walau kami mengalami berbagai tantangan terutama terkait aktivitas panen dan perawatan, serta efek water deficit di tahun 2019 yang terlihat di tahun 2020 dan 2021, namun tim manajemen TLDN yang berbekal pengalaman lebih dari 18 tahun di industri kelapa sawit mampu meresponnya secara tepat,” demikian ujar Wishnu Wardhana, Direktur Utama PT Teladan Prima Agro Tbk.

Per 31 Desember 2021, total aset TLDN tercatat sebesar Rp 4,6 triliun, dimana total kewajibannya turun 15,5% menjadi Rp 3,2 triliun dari tahun sebelumnya, dengan porsi penurunan terbesar ialah pada kewajiban jangka panjang kepada bank. Penurunan ini berdampak kepada turunnya beban keuangan dan sejalan dengan program Perseroan untuk membangun fleksibilitas pada neraca keuangan. Total ekuitas TLDN per 31 Desember 2021 sebesar Rp 1,4 triliun, dengan peningkatan berasal dari laba bersih yang dibukukan oleh Perseroan.

Harga jual rata-rata CPO dan Palm Kernel (PK) yang meningkat tentunya memberi pengaruh positif bagi Perseroan. Harga jual CPO meningkat hingga 27,2% dan harga jual PK mengalami peningkatan yang lebih signifikan hingga 72,9% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan harga komoditas yang signifikan pada tahun 2021 berpengaruh langsung kepada performa pendapatan Perseroan dimana pendapatan dari penjualan CPO dan PK tercatat masing-masing sebesar Rp 2,7 triliun dan Rp 250 miliar atau meningkat 6,6% dan 30,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Perseroan optimis akan terus berkembang di tahun 2022 karena umur tanaman mayoritas berada pada umur produktif sehingga mampu memberikan pertumbuhan produksi yang signifikan. Selain iklim yang kondusif selama tahun 2020 hingga 2021, praktik agronomi terbaik dan pemupukan yang optimal diharapkan menjadi faktor utama pendorong pertumbuhan produksi pada tahun 2022,” ujar Wishnu Wardhana.

Kinerja optimal Perseroan yang tercermin dari laporan keuangan audit per 31 Desember 2021 merupakan komitmen TLDN untuk terus memberikan hasil terbaik bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan.

* * *

Tentang PT Teladan Prima Agro Tbk

PT Teladan Prima Agro Tbk merupakan perusahaan agribisnis yang berfokus kepada pengelolaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit berkelanjutan, serta energi terbarukan. Beroperasi sejak tahun 2004, PT Teladan Prima Agro Tbk memiliki luas lahan 60.468 Ha dimulai dari Kabupaten Berau dan berkembang ke Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Paser, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Perseroan menerapkan standarisasi ISPO dalam menghasilkan minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil) dan inti sawit (Palm Kernel) yang diproduksi dari 6 pabrik kelapa sawit, dengan jumlah kapasitas olah gabungan sebesar 310 ton TBS/jam serta didukung dengan 16 tangki penyimpanan dan dua bulking dengan kapasitas total 40.000 ton.

PT Teladan Prima Agro Tbk berkomitmen untuk menjadi perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan, mendukung pelestarian lingkungan yang bersinergi dengan alam dan keaneka ragaman hayati, menerapkan praktik pembukaan lahan tanpa bakar dan pemanfaatan limbah, serta mengelola kawasan konservasi dan menjadi pionir penyelamatan orangutan di industri kelapa sawit. Memberikan yang terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan serta berpegang pada visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan untuk menjadi teladan dalam berfikir dan bersikap guna menghasilkan kerja prima untuk negeri Republik Indonesia.

* * *

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website kami:

www.teladanprima.com

Atau hubungi:

Fabelyn B. Walean – Head of Corporate Communications, PT Teladan Prima Agro Tbk corporate.communication@teladanprima.com

Berita Terakhir

Articles
PT Teladan Prima Agro Tbk Gelar TPA…

03 Juni 2022 – Balikpapan, 3 Juni 2022 – PT Teladan Prima Agro Tbk atau TPA telah melaksanakan TPA…

Lihat selengkapnya
Articles
TLDN Telah Melaksanakan RUPST Tahun Buku 2021

03 Juni 2022 – 27 Mei 2022 – PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) pada Jumat (27/5/2022) telah menyelenggarakan…

Lihat selengkapnya
Articles
Laba Bersih TLDN Tumbuh 108,5% yoy Hingga…

26 November 2022 – JAKARTA, 25 NOVEMBER 2022 – PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) mencatatkan kinerja keuangan positif…

Lihat selengkapnya
Articles
Tari Jepen Kembali Melenggang

28 Oktober 2022 – KUTAI TIMUR, 28 Oktober 2022 – Indonesia merupakan negara yang kaya akan seni dan budaya,…

Lihat selengkapnya
Articles
TLDN dan POSCO Tandatangani MoU untuk Mengembangkan…

19 Agustus 2022 – JAKARTA, 18 Agustus 2022 – PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) telah menandatangani Nota Kesepahaman…

Lihat selengkapnya