Laba Bersih TLDN Tumbuh 108,5% yoy Hingga Kuartal III/2022, Lampaui Capaian Tahun Buku 2021

JAKARTA, 25 NOVEMBER 2022 – PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) mencatatkan kinerja keuangan positif dalam sembilan bulan di tahun ini. Perseroan melaporkan realisasi laba bersih hingga akhir kuartal III/2022 mencapai Rp 560,47 miliar, tumbuh 108,5% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 268,78 miliar, bahkan telah melampaui capaian laba bersih satu tahun penuh di 2021 dengan lebih tinggi sebesar 5,5%.

Adapun pencapaian laba bersih tersebut berasal dari total pendapatan TLDN yang dalam sembilan bulan di tahun 2022 berhasil mencapai Rp 2,47 triliun, naik 20,8% year on year (yoy). Hal ini disebabkan kenaikan harga jual rata-rata Crude Palm Oil (CPO) menjadi Rp 11.566/Kg dan Palm Kernel (PK) menjadi Rp 7.477/Kg.

“CPO menjadi kontributor terbesar pendapatan TLDN selama periode Januari-September 2022 yaitu sebesar Rp 2,21 triliun, lebih tinggi dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya, dikarenakan lebih tingginya harga jual rata-rata CPO sebesar 19,9% yoy,” kata Wishnu Wardhana, Direktur Utama PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN).

Sementara itu, Perseroan juga mencatatkan realisasi earnings before interest, tax, depreciation and amortization (EBITDA) sebesar Rp 957 miliar hingga akhir September 2022, tumbuh 17,0% yoy. Selain itu, total aset TLDN sepanjang Januari-September 2022 mengalami kenaikan menjadi Rp 5,42 triliun dari sebelumnya pada Januari-September 2021 sebesar Rp 4,84 triliun.

Sejalan dengan pencapaian kinerja keuangan, kinerja operasional TLDN dari sisi kebun yaitu produksi tandan buah segar (TBS) inti juga tercatat tumbuh 5,6% pada sembilan bulan di tahun 2022 atau setara 758.507 ton. Peningkatan produksi TBS inti terutama disokong oleh kinerja kuartal III/2022 sebanyak 306.909 ton, tumbuh 17,6% secara quarter to quarter (qtq) dan lebih tinggi 26,8% secara yoy.

Kemudian untuk kinerja pabrik, Perseroan melaporkan realisasi TBS diolah sepanjang periode Januari-September 2022 sebanyak 957.891 ton, tumbuh 5,8% dibandingkan periode Januari-September 2021 sebesar 905.680 ton. Perseroan mencatatkan produksi CPO sebesar 214.743 ton tumbuh 4,1% yoy dan produksi PK sebesar 35.640 ton melonjak 13,2% yoy.

“Hingga akhir tahun 2022 kami optimis baik kinerja keuangan maupun kinerja operasional akan tumbuh positif dibandingkan tahun 2021. Kami terus berupaya meningkatkan kinerja operasional dengan memanfaatkan Teladan Productivity Technology Science (TPTS) yang menerapkan Internet of Things (IoT), penggunaan data satelit, serta remote sensing, dimana aplikasi teknologi ini dibangun dengan data lagging indicators (output) dan leading indicators (input) sebagai inovasi untuk memaksimalkan produktivitas dan efisiensi operasi. Selain itu, kami juga melakukan digitalisasi, standarisasi, dan integerasi pada usaha keberlanjutan TLDN melalui aplikasi Teladan Green Metrics (TGM). Kedua inovasi ini, membuat kami mampu untuk menyeimbangkan nilai keberlanjutan dengan nilai ekonomi,” ujar Wishnu Wardhana.

Seimbangkan Kinerja Keuangan, Operasional, dan Keberlanjutan

Seiring dengan kinerja keuangan dan operasional PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) yang terus bertumbuh, Perseroan membuktikan komitmennya dalam menyeimbangkan prinsip-prinsip environmental, social, and governance (ESG) dengan nilai ekonomi usaha. Hal ini tercermin dari penerapan aplikasi web ESG yaitu, Teladan Green Metrics (TGM) yang telah diterapkan Perseroan pada tahun 2022 ini.

Sampai akhir November 2022, TGM menampung hampir empat puluh set data ESG dalam database relasional terintegrasi yang termasuk lebih dari sepuluh juta data. Aplikasi TGM juga memiliki dasbor live ESG untuk menampilkan analisis keputusan, tren jangka pendek dan jangka panjang yang muncul, serta menghasilkan berbagai laporan yang dibutuhkan perusahaan secara berkala.

Komite Keberlanjutan Usaha dan Tanggung Jawab Perusahaan TLDN, yang diwakili oleh Shakeb Afsah menjelaskan bahwa kumpulan data tersebut diperbarui secara harian, mingguan, bulanan, triwulanan, enam bulanan, dan tahunan sesuai kebutuhan. Untuk mencapai hal ini, perusahaan memobilisasi sumber daya organisasi yang diperlukan termasuk tim multi-disiplin yang terdiri dari ahli internal dan internasional di bidang ESG, kebijakan publik dan ekonomi, agronomi, TI, pemrograman, statistik terapan dan otomatisasi.

Agar digitalisasi ESG ini berjalan dengan efektif, Perseroan menerapkan beberapa elemen kunci antara lain, menciptakan struktur tata kelola ESG; membangun budaya data di TLDN; mengelola kebutuhan talenta dan keterampilan; mengkompilasi database terintegrasi di seluruh perusahaan, platform bersama, dan alat AI untuk analitik serta kontrol kualitas data; mengembangkan algoritme kepemilikan dan aplikasi otomatisasi yang terkait dengan ESG dan manajemen produktivitas; dan meningkatkan sistem akuisisi data untuk analisis serta pelaporan yang tepat waktu.

“TGM adalah aplikasi online yang menyediakan data dan analitik tentang manajemen keberlanjutan. Aplikasi ini membantu dalam menstandarisasi dan mengintegrasikan data ESG, sehingga memotong biaya transaksi, memungkinkan kolaborasi antar tim, dan meningkatkan efisiensi operasional di seluruh perusahaan,” kata Shakeb.

Tentang PT Teladan Prima Agro Tbk

PT Teladan Prima Agro Tbk merupakan perusahaan agribisnis yang berfokus kepada pengelolaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit berkelanjutan, serta energi terbarukan. Beroperasi sejak tahun 2004, PT Teladan Prima Agro Tbk memiliki luas lahan 60.512 Ha dimulai dari Kabupaten Berau dan berkembang ke Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Paser, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Perseroan menghasilkan minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) dan inti sawit atau palm kernel yang diproduksi dari 6 pabrik kelapa sawit, dengan jumlah kapasitas olah gabungan sebesar 330 ton TBS/jam.

PT Teladan Prima Agro Tbk berkomitmen untuk menjadi perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan, mendukung pelestarian lingkungan yang bersinergi dengan alam dan keanekaragaman hayati, menerapkan praktik pembukaan lahan tanpa bakar dan pemanfaatan limbah, serta mengelola kawasan konservasi dan menjadi pionir penyelamatan orangutan di industri kelapa sawit.

***

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website kami: www.teladanprima.com Atau hubungi: Fabelyn Walean – Head of Corporate Communications, PT Teladan Prima Agro Tbk corporate.communication@teladanprima.com                                  

Berita Terakhir

Articles
PT Teladan Prima Agro Tbk Gelar TPA…

03 Juni 2022 – Balikpapan, 3 Juni 2022 – PT Teladan Prima Agro Tbk atau TPA telah melaksanakan TPA…

Lihat selengkapnya
Articles
TLDN Telah Melaksanakan RUPST Tahun Buku 2021

03 Juni 2022 – 27 Mei 2022 – PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) pada Jumat (27/5/2022) telah menyelenggarakan…

Lihat selengkapnya
Articles
5 Anak Usaha PT Teladan Prima Agro…

28 Desember 2022 – JAKARTA, 26 DESEMBER 2022 – 5 anak usaha PT Teladan Prima Agro Tbk  (TLDN) secara…

Lihat selengkapnya
Articles
Karyawan Teladan Prima Agro Galang Donasi untuk…

07 Desember 2022 – CIANJUR, 2 Desember 2022 – Sebagai bentuk empati atas musibah gempa bumi yang terjadi di…

Lihat selengkapnya
Articles
Laba Bersih TLDN Tumbuh 108,5% yoy Hingga…

26 November 2022 – JAKARTA, 25 NOVEMBER 2022 – PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) mencatatkan kinerja keuangan positif…

Lihat selengkapnya