Kunci Menjadi SD Teladan

TALISAYAN – Pendidikan merupakan pondasi penting dalam membentuk pribadi seseorang dengan cara pengembangan potensi, karakter, kecerdasan dan moral. Untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas tentunya selain sarana-prasarana, tenaga pengajar yakni guru menjadi hal paling fundamental untuk membantu para muridnya agar dapat menjadi “teladan” di masa depan.

Sri Wahyuni, Wakil Kepala Sekolah, Bendahara sekaligus Guru Kelas V di SD Teladan Prima 01 menjadi salah satu contoh sosok guru yang berhasil mendidik para muridnya menjadi “teladan” dengan berbagai prestasi yang telah diraih. Adapun SD Teladan Prima 01 berlokasi di Kampung Capuak, Kecamatan Talisayan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

(Pelaksanaan Upacara di SD Teladan Prima 01)

Lebih lanjut, Sri menyampaikan pada tahun ini SD Teladan Prima 01 telah menjadi Juara Umum Festival Lomba Seni Nasional Kecamatan Talisayan. Sejumlah perlombaan yang dimenangkan para murid SD Teladan Prima 01 antara lain lomba Baca Puisi, Lagu Solo, Tari Dayak, Sepakbola, Badminton, Tenis Meja dan Lari.

Dengan prestasi ini, Sri membawa kabar baik bahwa SD Teladan Prima 01 akan menjadi perwakilan SD di Kecamatan Talisayan untuk selanjutnya kembali berlomba di tingkat Kabupaten Berau pada Maret 2024 mendatang.

Di sisi lain, Sri mengatakan bahwa prestasi yang telah diraih murid-murid SD Teladan Prima 01 bukan tanpa usaha. Perempuan berusia 34 tahun yang telah mengabdi lebih dari 9 tahun di SD Teladan Prima 01 itu menyebut bahwa dulu pada saat awal bergabung di tahun 2014-2015 banyak siswa/siswi yang sering berkelahi dan terbilang bandel.

Namun demikian, solusi yang dilakukan oleh para guru di SD Teladan Prima 01 bukan dengan kekerasan, tetapi merangkul. Sebab, menurutnya pada dasarnya anak-anak bisa diberitahu yang benar selama alasan dan penjelasan yang diberikan oleh guru masuk akal.

Tidak hanya memberikan pemahaman, pada 2016 akhirnya para guru SD Teladan Prima 01 mewajibkan para muridnya untuk mengikuti ekstra-kulikuler (ekskul) setiap hari Jumat dengan minat dari masing-masing siswa/siswi. Tujuannya yaitu untuk mengembangkan potensi dan kreativitas murid di luar akademik, sekaligus mempererat hubungan pertemanan antar murid yang memiliki hobi atau minat yang sama, sehingga diharapkan perkelahian dapat terminimalisir.

“Hal tersebut berbuah manis dengan adanya prestasi-prestasi yang kita dapatkan. Dan yang terpenting, salah satu kunci menjadi guru adalah Ikhlas, kalau kita ikhlas apapun kita insyaAllah akan memberikan yang terbaik. Meskipun saya di sini (SD Teladan Prima 01) punya 3 kerjaan saya menjalaninya dengan Ikhlas karena cinta dengan anak-anak dan sekolah,” ujar Perempuan asli Sulawesi yang juga pernah menjadi Guru Agama di SD Teladan Prima 01 saat ditemui oleh tim Corporate Communications PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, SD Teladan Prima 01 merupakan salah satu sekolah yang dibangun oleh PT Teladan Prima Agro Tbk, tepatnya di bawah naungan anak usaha TLDN yaitu PT Tanjung Buyu Perkasa Plantation. Ke depan TLDN terus berkomitmen mendukung dunia pendidikan di daerah operasional perusahaan agar di masa depan putra/putri Kalimantan Timur dapat bermanfaat bagi daerah asal dan secara luas bagi negara.

Berita Terakhir

Articles
PT Teladan Prima Agro Tbk Gelar TPA…

03 Juni 2022 – Balikpapan, 3 Juni 2022 – PT Teladan Prima Agro Tbk atau TPA telah melaksanakan TPA…

Lihat selengkapnya
Articles
TLDN Telah Melaksanakan RUPST Tahun Buku 2021

03 Juni 2022 – 27 Mei 2022 – PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) pada Jumat (27/5/2022) telah menyelenggarakan…

Lihat selengkapnya
Articles
TPA Rangkul Keluarga Para Karyawan Lewat Beragam…

11 Juni 2024 – BALIKPAPAN – PT Teladan Prima Agro Tbk atau TPA turut merangkul para keluarga karyawan melalui…

Lihat selengkapnya
Articles
Teladan Awarding Night 2024

31 Mei 2024 – BALIKPAPAN – Pada tahun ini, PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) atau TPA telah membuktikan…

Lihat selengkapnya
Articles
Semarak Syukur 2 Dekade, Teladan Tangguh!

28 Mei 2024 – BALIKPAPAN – Dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-20 pada tanggal 1 Juni 2024 mendatang,…

Lihat selengkapnya